Tips! Cara Jitu Jualan Online untuk Pemula

Cara Jitu Jualan Online untuk Pemula

Jualan online itu simple hanya menemukan calon pembeli yang tepat dengan bisnis Anda, dan terjadilah transaksi, itu kuncinya. Sudah banyak yang menjadikan jualan online sebagai penghasilan sampingan bahkan tidak sedikit juga yang sudah sukses dan dijadikan penghasilan utama dalam hidup namun tidak serta merta jualan online itu merupakan hal gampang dan mudah untuk dilakukan. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat berjualan online, dan berikut tips bagaimana langkah-langkah dasar cara berjualan online bagi para pemula.

1. Memilih Tempat untuk Berjualan Online

Langkah yang paling dasar adalah tentu memilih lokasi, Kamu bisa membangun website sendiri namun hal ini tidak begitu dianjurkan untuk yang pemula, karena memerlukan biaya sewa hosting, pemeliharaan website dan domain name dimana pemula tentu belum memiliki banyak pelanggan sehingga biaya tersebut menjadi beban dan tidak perlu, lebih dianjurkan untuk membuka tempat jualan online yang gratis menggunakan sosial media atau forum online untuk dijadikan tempat/lapak untuk berjualan. Kamu bisa menggunakan facebook, instagram, Google+, kaskus dll.

Disini admin lebih menganjurkan menggunakan Facebook, kenapa Facebook? Tidak dapat kita pungkiri, Facebook merupakan tempat dimana semua orang dari berbagai usia, gender, kalangan, profesi dll. ada disini terutama di Indonesia pada tahun 2014 saja penggunanya terhitung 60.3 juta dimana merupakan terbanyak No. 4 di seluruh dunia, ini adalah peluang pasar yang sangat besar untuk Kamu berjualan.

Untuk memulai berjualan di Facebook sebaiknya membuat sebuah halaman di Facebook, silahkan klik disini. Usahakan membuat nama halaman yang mudah diingat, jangan kepanjangan.

2. Menentukan Produk yang Dijual

Sebelumnya mohon diingat bahwa yang jualan online di Facebook itu sangat-sangat banyak. Jadi, kemampuan kita dalam memilih produk yang tepat sangat menentukan keberhasilan kita dalam menjual sesuatu secara online. Alangkah baiknya bila produk yang dijual itu unik, menarik dan berbeda. Contoh: alat pembersih telinga, baju anti bau, keripik mangga muda pedas, liquid vape rasa wedang jahe dll.

Karena kalau produk yang kita jual itu sudah ada yang menjual sebelumnya maka kita akan kesulitan dalam bersaing memasarkan produk yang akan kita jual karena tentu mereka akan lebih memilih membeli sesuatu dari penjual sebelumnya yang sudah terpercaya dan memiliki track record yang baik. Namun apabila kita tetap ingin berjualan yang sama dengan pesaing, usahakan kita berikan nilai lebih dari harga, segi tampilan produk, pemasaran dan pelayanan.

Untuk harga produk, sebaiknya harga produk yang dijual lewat online tidak melebihi nilai Rp. 300.000,- menurut pengalaman admin dan teman-teman, kebanyakan transaksi online terjadi di kisaran harga tersebut ke bawah, memang ada juga transaksi yang bernilai jutaan rupiah namun di awal sebaiknya main di kisaran tersebut, supaya cepat terjadinya transaksi dan kamu bisa minta testimonial ke pembeli dan meraih kepercayaan melalui testimonial.

3. Menyiapkan Gambar atau Foto Produk yang Berkualitas

Kualitas dari foto atau gambar produk yang kita gunakan untuk jualan online di Facebook harus sangat kita perhatikan, karena gambar tersebut mewakili produk yang akan kita jual, sebagus apapun produk yang akan kita jual, jika gambarnya jelek maka kita akan mengurangi minat pembeli dan terkesan tidak niat mau berjualan di pikiran konsumen.

Untuk itu pastikan gambar produk yang kita gunakan berkualitas tinggi, sehingga bisa mencuri perhatian pembeli dan menimbulkan kepercayaan bagi para calon pembeli. Jangan lupa semua foto diisi watermark sebagai penanda bahwa barang tersebut adalah benar produk milik kita.

4. Memasarkan

Produk sudah kita tentukan dengan tepat, gambar sudah disiapkan dengan baik selanjutnya adalah menemukan orang yang tepat yang akan membeli produk kita dengan cara memasarkan tentunya. Semua orang yang ada di Facebook adalah calon pembeli kita, namun harus dicatat tidak semua akan menjadi pembeli! untuk itu kita harus memperbanyak fans di halaman Facebook kita, semakin banyak orang yang menyukai halaman Facebook kita, maka semakin besar peluang kita menemukan orang yang tepat yang akan membeli produk yang kita jual.

Untuk awal kita bisa mengundang teman-teman kita untuk menyukai halaman Facebook kita. Setelah itu kita bisa posting produk-produk kita secara berkala di jam-jam orang kebanyakan menggunakan Facebook seperti saat jam makan siang dan jam santai di malam hari yaitu jam 7 sampai jam 9 malam. Selain posting produk, kita juga bisa posting hal-hal lainnya seperti tips, gambar lucu, video, ucapan hari raya dll. yang masih berhubungan dengan produk yang kita jual.

Yang perlu perhatikan di dalam mempromosi produk yang kita jual adalah jangan sampai menggunakan cara-cara spam yang tidak di sukai oleh pengguna Facebook seperti promosi di kolom komentar, di profile Facebook orang, ataupun promosi dengan melakukan menandai (tag) secara berlebihan. Jangan lakukan itu, karena selain tidak efektif, kamu dan produk yang kamu jual mendapatkan cap yang jelek dari orang-orang. Promosilah dengan cara membuat post sekreatif mungkin, agar banyak yang menyukai postingan tersebut dan kalau bisa menjadi viral sejagat online.

Selain itu kita bisa memasarkan produk kita dengan cara bergabung ke group-group aktif, misalnya kalian jualan baju yang bertema Pokemon Go, kalian bisa gabung ke group-group yang suka main Pokemon Go dan memperkenalkan produk yang kalian miliki namun tetap mengikuti aturan yang ada, jangan langsung jualan disana ya guys, yang ada kalian dikeluarkan dari group tersebut. Aktiflah di group tersebut , kenalan dulu sama orang-orang yang ada disana terutama pengurus groupnya.

Bagi kalian yang tidak ingin ribet dan ingin langsung menemukan orang yang tepat untuk membeli produk kalian, admin sarankan menggunakan iklan melalui Facebook Ads! karena admin dan teman-teman sudah menggunakan dan merasakan bagaimana nikmatnya mempromosikan produk melalui Facebook Ads! pokoknya ces pleng...! untuk menggunakan Facebook Ads, kalian harus memiliki kartu kredit tapi kalau tidak ada, kalian bisa membeli paketnya seharga Rp. 190.000,- selengkapnya klik disini.

5. Pelayanan

Terakhir dan tidak kalah penting dalam berjualan adalah pelayanan, ini adalah harga mati untuk Kamu yang ingin sukses berjualan online, kalian harus bisa melayani berbagai macam karakter pembeli dengan baik dan responsif, kalian harus segera menjawab dengan cepat dan tepat apa yang ditanyakan calon pembeli. Kadang pembeli mau membeli produk yang sama dengan harga yang lebih mahal asalkan pelayanan yang diberikan memuaskan.

Setelah produk kamu sudah mulai berjalan dan memiliki banyak pelanggan, langkah selanjutnya adalah membuat website agar lebih profesional dan gampang dijangkau di mesin pencari Google sehingga binis online kalian semakin besar. Demikianlah cara jitu jualan online untuk pemula, semoga bermanfaat :)
Tips! Cara Jitu Jualan Online untuk Pemula Tips! Cara Jitu Jualan Online untuk Pemula Reviewed by Admin on 2/12/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar